Siapkan ruang ibadah di rumahmu, yuk…

Mempunyai rumah yang sesuai keinginan dan kebutuhan para penghuninya, membuat rumah itu dapat di bilang dengan rumah ideal. Apalagi, mempunyai ruang ibadah tersendiri di dalam rumah. itu akan sangat dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam melakukan ibadah sholat, dan mengaji.

Dengan adanya ruang ibadah di rumah juga akan memudahkan para tamu yang datang untuk melakukan sholat.  Ruang ibadah juga harus di buat nyaman. Karena, setiap penghuni akan melakukan sholat dan mengaji setiap harinya. Untuk menjaga kenyamanan ruang ibadah ada baiknya perhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik akan membua ruangan tidak terasa pengap atau panas. Dan membuat ibadah menjadi lebih nyaman.

Kemudian untuk luas ruang ibadah tidaklah harus sangat luas. anda hanya cukup menyesuaikan dengan keadaan luas rumah anda. dan jangan lupakan berapa banyak orang yang muat dalam ruang ibadah tersebut. Yang terpenting ruangan tersebut dapat di jadikan anda ibadah.

Selain itu, jangan lupakan perlengkapan untuk melakukan ibadah di dalam  ruang ibadah anda. anda dapat menyiapkan sajadah, tasbih, al-quran, dan mukena untuk memudahkan anda dalam melakukan ibadah sholat. anda juga dapat menyiapkan lemari atau rak untuk meletakkan beberapa perlengkapan sholat.

Di dalam ruang ibadah tidak ada salahnya untuk anda meletakkan beberapa dekorasi. Pemberian dekorasi akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Untuk dekorasi anda dapat memberikan kaligrafi, atau kalimat motivasi. Atau beberapa tanaman untuk menyegarkan ruang ibadah. Dan juga untuk warna ruang ibadah ada baiknya anda mencari yang memberikan kesan nyaman,adem dan menenangkan. Seperti warna putih, coklat muda.

Pencahayaan pada ruang ibadah juga harus di perhatikan. Karena, akan di pakai untuk membaca al-quran, anda dapat menggunakan cahaya lampu yang lembut. Apabila anda menggunakan cahaya yang redup akan menganggu kesehatan mata anda dalam membaca. Dan apabila terlalu terang akan membuat ruang terasa panas.

Semua kebutuhan ruang ibadah dapat anda sesuaikan dengan ketersediaan ruang dan luas rumah anda. Jika memang tidak memiliki lebih ruangan, anda dapat melakukan ibadah di ruang mana saja. Asalkan tempat tersebut bersih dan nyaman untuk melakukan ibadah.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>