Seperti apa rumah ramah lingkungan itu?

Saat ini gerakan menjaga dan melindungi ekosistem lingkungan sedang gencar dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Melalui gaya hidup ramah lingkungan mereka melakukan perubahan perilaku, seperti mengganti moda transportasi, mengurangi penggunaan sumber daya alam.

Hal kecil ini dilakukan secara konsisten untuk mengubah gaya hidup mereka. Selain perilaku tersebut dapat dilakukan pada kegiatan sehari-hari, sebuah rumah juga dapat ikut andil. Dengan rumah ramah lingkungan juga dapat membantu mengurangi kerusakan ekosistem lingkungan. Terdapat beberapa hal-hal yang membuat rumah dapat dikatakan dengan rumah ramah lingkungan.

  1. Hemat penggunaan energi listrik

politikus-gerindra-minta-warga-pesisir-jakarta-hemat-listrik

Sumber gambar google

Untuk membantu menjaga ekosistem lingkungan, mengurangi penggunaan energi listrik juga dapat membantu. Hal kecil yang dapat dilakukan untuk rumah anda adalah mengganti sumber cahaya lampu dengan cahaya sinar matahari. Atau dapat menggunakan lampu yang hemat energi dan tahan lama. Lampu dengan jenis hemat energi sangat cocok untuk rumah ramah lingkungan.

  1. Lokasi rumah

s

Sumber gambar google

Menginginkan rumah ramah lingkungan juga harus diperhatikan dimana rumah tersebut berada. Jangan sampai rumah tersebut berada di dekat area-area terlarang untuk mendirikan bangunan, Seperti resapan air, bantaran sungai. Karena, dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan.

Kemudian, perhatikan jarak rumah dengan pusat perbelanjaan, perkantoraan, transportasi umum. Jika, terlalu dekat dengan tempat-tempat tersebut akan menyebabkan pemanasan global. Akibat aktivitas sehari-hari yang menyebabkan berkurangnya karbon.

  1. Adanya ruang terbuka hijau

desain-taman-minimalis-dalam-rumah-indoor24

Sumber gambar google

Membantu mengurangi pemanasan global dapat dilakukan dengan membuat ruang terbuka hijau. Hal ini dapat dilakukan pada area teras rumah atau area belakang rumah. Dengan menanam beberapa tumbuhan hijau akan sangat membantu bagi lingkungan di sekitar rumah.

  1. Pemilihan material

d

Sumber gambar google

Material untuk rumah juga perlu diperhartikan. Sebaiknya menggunakan material yang berbahan alami. Dan hindari penggunaan bahan yang terbuat dari asbes dan seng. Bahan tersebut akan membuat rumah terasa panas.

  1. Penggunaan energi alternatif

a

Sumber gambar google

Untuk menghemat penggunaan energi listrik dapat menggunakaan energi alternatif. Energi alternatif ini berasal dari sinar matahari. Energi tersebut mengubah menjadi energi listrik. Anda dapat menggunakan solar pannel atau panel surya.

 

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>