Rumah yang nyaman bagi lansia

Usia yang sudah tidak muda lagi, membuat para lansia harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Kehati-hatian dalam melakukan sesuatu hal juga harus menjadi perhatian. Apabila keliru, justru akan menjadi bahaya bagi orang tua lanjut usia. Keselamatan dan kesehatan menjadi faktor utama yang diperlukan bagi lansia.

Untuk itu, agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan lansia. Diperlukan keadaan rumah yang nyaman baginya. Rumah yang nyaman, dapat menghindari dari beragam resiko yang akan terjadi. Beberapa tips ini akan membantu dalam menjaga kenyamanan dan keselamatan bagi mereka ketika berada di rumah.

  1. Lantai tidak licin

Bagi yang memiliki lansia di rumahnya, pasti akan merawatnya dengan sangat baik. untuk menjaga keselamatan orang tua yang udah lanjut usia, sebaiknya lantai yang digunakan tidak licin. Lantai yang licin akan membuat resiko orang tua mudah tergelincir. Ada baiknya, anda memberikan lantai yang nyaman dan aman untuk di lewati oleh orang tua.

  1. Rumah jangan bertingkat

Rumah yang aman bagi lansia adalah rumah tidak bertingkat. Rumah yang bertingkat membuat orang tua menjadi lelah karena harus menaiki dan menuruni tangga. Dan sangat berbahaya apabila orang tua harus berjalan sendiri ketika menaiki atau menuruni tangga. Karena akan menimbulkan resiko terjatuh.

Namun, apabila rumah anda bertingkat. Ada baiknya orang tua menempati kamar atau ruangan di lantai satu. Agar menjaga keamanan dan kesehatan baginya.

  1. Berikan handle pegangan

Untuk lansia yang sudah kesulitan dalam berjalan. Anda dapat memberikan handle tambahan untuk alat bantu berjalan. Handle ini dapat anda taruh pada dinding yang menuju ke berbagai ruangan.

  1. Pemilihan furniture

Penggunaan furniture juga sangat mempengaruhi. Pilih furniture yang aman bagi lansia. Jangan gunakan furniture yang terlalu tinggi, tajam, dan kasar. Hal-hal tersebut menimbulkan resiko. Oleh karena itu, gunakan furniture yang aman bagi anda dan keluarga.

  1. Penggunaan cahaya

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan orang tua, gunakan pencahayaan yang baik. pencahayaan yang baik akan memudahkan setiap anggota keluarga dalam beraktivitas di dalam rumah.  terlebih dengan pencahayaan yang baik akan membantu lansia dalam melihat dengan baik. karena, dapat diketahui penglihatan para lansia sudah menurun. Maka gunakan pencahayaan yang baik.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>