PILIHAN SOFTWARE YANG TEPAT UNTUK MENDESAIN RUMAH ANDA

Untuk membangun sebuah rumah pastinya dibutuhkan desain atau rancangan untuk mempermudah proses pembuatanya. Membuat desain rumah dapat dilakukan dengan secara manual menggunakan kertas. Proses ini membutuhkan waktu yang lama. Karena, setiap proses merancang desain rumah membutuhkan pengukuran yang sesuai dan membutuhkan gambar yang tepat untuk mempermudah saat melakukan pembangunan.

Namun, saat ini kemudahan untuk membuat desain rumah atau bangunan lainnya sangat mudah. Terdapatnya beberapa software yang akan membantu para arsitektur atau pemula untuk membuat rancangan desain. Selain membantu dalam membuat rancangan desain, software-software ini juga mempermudah proses mendesain rumah atau bangunan.

Berikut ini beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat desain rumah atau bangunan.

  1. AutoCad

autocad

Sumber gambar (google)

Software ini biasanya digunakan untuk sektor industri. Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Autodesk ini dapat menggambar dalam bentuk 2D atau 3D. AutoCad memiliki ruang kerja yang luas dan tak terbatas memudahkan untuk merancang desain sebuah rumah atau bangunan. Lalu, perangkat lunak ini juga memiliki fitur dan tools yang cukup lengkap untuk membantu dalam mendesain.

  1. Home Designer Suite

homedesigner suite

Sumber gambar (google)

Perangkat lunak ini memiliki fitur yang hampir serupa dengan AutoCad, yaitu dengan ,enyediakan fitur 2D dan 3D. Yang membedakan dari software Home Designer Suite adalah tersedianya template untuk berbagai desain seperti, kamar interior, desain rumah dengan berbagai ukuran.

  1. SketchUp

sketchup

Sumber gambar (google)

Bagi pemula, software ini sangat cocok digunakan untuk merancang atau membuat desain rumah. Karena, tampilan interface yang simple memudahkan untuk membuat desain rumah atau bangunan lainnya. Software yang menawarkan gambar bentuk 3D ini juga menawarkan fitur-fitur untuk mendesain rumah. Selain itu, SketchUp dapat digunakan pada komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

  1. Home Designer Architectural

home-designer-architect-impressive

Sumber gambar (google)

Bagi pengguna iMac atau Macbook, perangkat lunak ini juga sangat cocok untuk digunakan. Software ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan untuk mendesain bagian interior maupun eskterior. Kemudahan untuk menggunakan software ini dapat digunakan oleh pemula dan profesional.

  1. Revit Architecture

 

Sumber gambar (google)

Untuk pekerja di dunia industri arsitektur, software ini tak asing bagi mereka. Namun, untuk pemula software ini sedikit rumit dan membuat bingung bagi yang tidak terbiasa menggunakannya. Revit Architecture membuat tampilan desain bangunan atau rumah nampak seperti aslinya. Software ini membantu untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dari desain tersebut dan membuat tampilan 2 Dimensi dapat dilihat secara langsung dengan tampilan 3 Dimensi.

Beberapa perangkat lunak tersebut dapat anda manfaatkan untuk merancang desain rumah atau bangunan yang anda ingin buat. Dengan adanya bantuan software tersebut akan membantu kinerja anda dalam mendesain.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>