PENTING GAK SIH IMB?

Pada proses pembangunan rumah atau bangunan pastikan anda jangan melupakan perihal mengenai perizinan. Setiap pembangunan, merenovasi, memperluas, memperkecil rumah atau bangunan harus memiliki surat IMB. Izin Mendirikan Bangunan atau yang sering disebut dengan IMB merupakan produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu yang akan menciptakan ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum.

Melakukan pengurusan untuk mendapatkan IMB sangat mudah anda cukup menyiapkan beberapa berkas seperti, fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy SPPT dan bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan tahun berjalan, fotocopy surat kepemilikan tanah, surat kuasa (bila di wakilkan).

Dengan mengumpulkan berkas tersebut anda sudah dapat membuat surat izin mendirikan bangunan. Saat ini juga sudah tersedia berbagai fasilitas yang dapat di akses dengan mudah salah satunya menggunakan IMB online.

20140424ini-cara-mendaftar-imb-online

Sumber gambar(google)

Akses ini dapat digunakan bagi yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor pengawasan dan penertiban bangunan (P2B). Tetapi jika anda membeli rumah baru pada developer, biasanya mereka akan membantu sang pemilik rumah baru untuk mengurus IMB. Hal ini, membuat anda lebih mudah untuk mendapatkan surat izin mendirikan bangunan.

Memiliki surat izin mendirikan bangunan anda akan mendapatkan banyak keuntungannya seperti, nilai jual bangunan anda akan lebih tinggi, akan memperoleh jaminan kredit bank, mendapatkan peningkatan status tanah, memperoleh informasi peruntukan dan rencana jalan.

Lama pengurusan untuk mendapatkan Izin Mendirikan Pembangunan sekitar 25 hari. pada umumnya, setelah 5 hari anda melakukan pengajuan pembuatan IMB akan mendapatkan Izin Pembangunan (IP). Kemudian, anda dapat melakukan pembangunan sesuai dengan IP. Dan setelah 20 hari anda akan mendapatkan IMB.

Dengan banyaknya kemudahan untuk mengurus IMB tidak ada alasan lagi untuk anda menunda membuat IMB. Selain membantu melegalkan bangunan yang direncanakan, IMB juga akan menunjukkan konstruksi bangunan tersebut dapat dipertanggunjawabkan dengan maksud kepentingan bersama.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>