Penting atau tidak sih SHM itu?

Legalitas pada setiap bangunan sangatlah penting. Legalitas tersebut berupa dokumen-dokumen yang bertujuan untuk menunjukan identitas kepemilikan sebuah bangunan. Jenis-jenis dokumen tersebut seperti Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS), Girik, Akta Jual Beli (AJB).

Namun, dokumen yang paling kuat dan penting adalah sertifikat hak milik. Pengurusan SHM ini memiliki harga yang berbeda-beda tergantung luas tanah dan lokasinya. Biasanya harga tersebut ditentukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pengurusan sertifikat ini dapat diwakilkan bagi anda yang memiliki kesibukan yang cukup padat. Atau jika anda membeli rumah baru dengan perusahaan pengembang properti biasanya proses pembuatan sertifikat sudah termasuk bagian dari pelayanan jasa yang mereka berikan. Dengan adanya hal tersebut akan membantu lebih mudah.

Jika menginginkan mengurusnya sendiri dapat dilakukan dengan mengurus beberapa dokumen yaitu Fotocopy KTP, Fotocopy KK, Formulir Permohonan yang telah ditanda tangani, Asli bukti perolehan tanah, Asli bukti-bukti pelepasan hak dan pelunasan tanah dan rumah, Fotocpy SPPT PBB tahun berjalan, Penyerahan bukti SSB (BPHTB) dan bukti bayar uang masuk, Melampirkan bukti SSP/PPh sesuai dengan ketentuan.

Setelah menyerahkan semua dokumen tersebut kepada pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) anda dapat menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan Sertifikat Hak Milik (SHM).

Keuntungan yang akan didapatkan atau dirasakan jika memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) yaitu memiliki harga jual yang tinggi pada bangunan, mempunyai legalitas yang sah, dapat di wariskan, tidak memiliki batas waktu penggunaan.

Nah, bagaimana apa anda tertarik untuk membuat Sertifikat Hak Milik? Dengan memiliki legalitas tersebut keuntungan yang didapat juga dapat. Dengan proses yang mudah membuat anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa orang lain.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>