Mari.. Cat dinding rumahmu sendiri

Warna cat dinding yang telah pudar pasti akan sangat mengganggu. Rasanya ingin cepat-cepat memperbaikinya. Namun, hal tersebut akan tertunda karena masalah biaya. Biaya yang dilakukan untuk mengecat ulang rumah memang tidak sedikit. Apalagi adanya tukang yang akan membantu membuat biaya menjadi bertambah.

Inilah yang menjadi alasan seseorang selalu menunda mengecat ulang warna dinding di rumah. sebenarnya tanpa seorang tukang, anda dan keluarga juga bisa melakukannya loh. Hasil yang dilakukan juga akan sebanding dengan bantuan tukang, apabila anda mengetahui caranya. Nah, berikut ini beberapa cara yang akan membantu anda dalam mengecat dinding rumah sendiri.

  1. Bersihkan dinding

Sebelum memulai mengecat dinding rumah, anda perlu membersihkan dinding. Dinding di bersihkan agar memudahkan dalam mengecat, agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel ketika mengecat.

  1. Tutup retakan dinding

Jika pada bagian dinding anda terdapat celah atau adanya kerusakan yang di akibatkan oleh paku, anda dapat menutupnya terlebih dahulu. Anda dapat menutupinya dengan menggunakan plamir.

  1. Lindungi bagian yang tidak di cat

Untuk menghindari terkena cat ketika sedang melakukan pengecatan. Anda dapat menyingkirkan beragam barang atau menutupi bagian dinding yang tidak ingin di cat. Dan jangan lupakan menggunakan koran sebagai alas, untuk menghindari cat menempel pada lantai.

  1. Hapus warna dinding sebelumnya

Untuk membuat warna dinding menjadi lebih cerah dan bertahan lama, anda dapat mengamplas dinding yang ingin di cat. Atau anda dapat langsung mengecat dinding menggunakan warna cat putih terlebih dahulu. Setelah kering, baru cat menggunakan warna yang sesuai keinginan.

  1. Gunakan teknik zig-zag

Saat proses mengecat dinding, gunakan teknik zig-zag. Dari bagian atas ke bawah berulang kali hingga tertutup. Teknik zig-zag juga berfungsi untuk meratakan warna dinding.

  1. Gunakan kuas kecil

Berbagai macam jenis kuas tersedia untuk mengecat dinding. Untuk memudahkan dibagian pinggir, ada baiknya anda menggunakan kuas kecil untuk mempermudah. Dan kuas besar untuk bagian dinding dengan area luas.

 

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>