Ini dia! Cara membuat rumah tahan gempa

Tinggal di area yang rawan akan gempa, membuat kekhawatiran sering terjadi. Terlebih bencana gempa tidak dapat di prediksi kapan akan terjadi. Apalagi kejadian yang akhir-akhir ini menimpa bagian tengah indonesia ini sangat menyedihkan. Gempa yang terjadi di wilayah lombok dan bali membuat hampir masyarakatnya kehilangan tempat tinggal, akibat gempa yang terjadi.

Selain tempat tinggal, fasilitas-fasilitas lainnya juga rusak. Guncangan yang sangat kencang membuat semua bangunan, jalanan, dan berbagai fasilitas rusak. Oleh sebab itulah rumah tahan gempa sangat dibutuhkan. Rumah tahan gempa akan membantu mempertahankan rumah apabila terjadinya gempa. Untuk memiliki rumah tahan gempa juga harus memperhatikan pondasi tahan gempa, seperti

  1. Kualitas tanah

Sebelum membangun sebuah pondasi rumah. hal yang haru diperhatikan kualitas tanah. Cari tanah dengan kualitas yang baik dan pastinya tanah tersebut kuat. Kestabilan tanah juga harus menjadi perhatian, apabila tanah stabil juga akan membantu memperkuat pondasi.

  1. Gunakan material ringan

Material yang ringan juga membantu mempertahankan rumah dari guncangan yang di sebabkan oleh gempa. Menggunakan material yang berat akan membuat bangunan runtuh lebih cepat, karena adanya guncangan yang menyebabkan beban tersebut  menekan bagian bawah.

  1. Ketinggian rumah

Dalam membangun rumah, ketinggian juga menentukan. Membangun rumah dengan tidak terlalu tinggi akan mencegah terjadinya kerusakan akibat gempa. Dan sebaliknya jika membangun rumah dengan terlalu tinggi akan membuat resiko terjadinya kerusakan akibat gempa bumi.

  1. Kualitas bahan bangunan

Kekuatan dari bahan bangunan yang di gunakan juga akan mempengaruhi kekuataan sebuah bangunan. Bahan yang baik dan berkualitas harus dipilih sebagai menjadi bahan sebuah bangunan. Dan gunakan bahan yang memiliki kualitas dapat menyerap energi dari gempa bumi.

  1. Perawatan bangunan

Selain keempat hal tersebut, yang terpenting dari sebuah bangunan adalah perawatan yang dilakukan. Apabila tidak di kontrol atau di jaga dengan baik, sebuah bangunan akan lebih cepat rusak. Oleh itu, perawatan pada sebuah bangunan sangat penting untuk menjaga ketahanan rumah dari gempa bumi.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>