Cara mencegah rumah dari resiko kebakaran

Kebakaran merupakan suatu hal yang menakutkan bagi semua orang. Dari  kehilangan materi hingga nyawa dapat terjadi hanya karena kebakaran. Kebakaran terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti arus pendek listrik, adanya percikan api, dan berbagai hal lainnya.

Untuk itu pencegahan perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran. Cara-cara ini dapat membantu anda dalam mencegah terjadinya kebakaran.

  1. Jauhkan barang-barang yang mudah terbakar

Yang perlu anda ketahui adalah, barang-barang apa saja yang mudah terbakar. untuk melakukan pencegahan terjadinya kebakaran, anda dapat menjauhkan atau meletakkan barang-barang tersebut dari sumber api atau yang menyebabkan kebakaran.

  1. Gunakan peralatan listrik dengan bijak

Listrik yang biasanya menjadi sumber utama penyebab terjadinya kebakaran ini harus anda gunakan dengan baik dan bijak. Jangan anda menggunakan terlalu banyak isolasi listrik karena akan mengakibatkan arus pendek listrik.  Dan hindari penggunaan barang elektronik yang cukup lama. Penggunaan barang elektronik yang cukup lama akan menyebabkan barang tersebut panas sehingga memicu hubungan arus pendek.

  1. Bijak menggunakan kompor gas

Kebakaran yang sering terjadi juga disebabkan oleh kompor gas. Biasanya kesalahan dalam pemasangan tabung gas yang menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, ketika ingin memasang tabung gas anda harus memahami dengan baik cara pemasangannya. Dan jangan lupa mencabut selang yang berada di tabung gas ketika ingin pergi dengan waktu yang cukup lama.

  1. Sediakan alat pemadam api

Bukan hanya untuk gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, alat pemadam ini di sediakan. Tetapi, di dalam rumahpun juga harus terdapat alat pemadam api. Seringkali, kita mengabaikan alat pemadam api. Padahal, alat pemadam api ini sangat bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Semua pencegahan kecil ini dapat anda dan keluarga lakukan. Melakukan pencegahan ini hanya perlu kesadaran dari setiap individu sejak dini. Jangan sampai hal kecil yang anda lakukan akan menyebabkan resiko yang cukup besar untuk anda, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>