CategoriesUncategorized

Bisa Gak Sih Mengajukan KPR Saat Proses Bercerai?

Menurut Sahabat Harmony kira-kira bisa gak jika status kita  akan bercerai lalu mengajukan KPR? Status bercerai sebenarnya tidak bisa dijadikan alasan pihak bank untuk menolak pengajuan kredit. Memang permasalahan ini akan menjadi rumit apabila status perkawinan kamu masih dalam proses bercerai atau belum memiliki akta cerai, dengan begitu kamu berkewajiban untuk membawa pasangan ketika akad kredit sedang berlangsung, untuk dimintai persetujuan tanda tangan, dan hal tersebut belum tentu akan bisa dilakukan oleh pasangan. Hayoo!!

Nah untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan cara membawa surat persidangan perceraian sebagai bukti bahwa Anda sedang menjalankan proses perceraian, sehingga kamu tidak perlu lagi membawa pasangan ketika akad kredit berlangsung. 

Setelah akta cerai kamu sudah jadi, disarankan untuk segera mengganti pengajuan KPR kamu hanya berdasarkan nama pribadi bukan bersama pasangan, hal ini sengaja dilakukan, guna menghindari kisruh pembagian harta gono gini pasca bercerai.

Jadi, bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan proses persidangan perceraian, tidak perlu khawatir untuk mengajukan KPR, jika memang data-data yang dibawa lengkap serta penghasilan kamu dapat membayar cicilan dipastikan pengajuan KPR kamu akan disetujui oleh pihak bank.      Berikut ada beberapa persyaratan untuk mengajukan KPR ketika status kamu dalam proses cerai. 

Syarat Mengajukan KPR Saat Proses Cerai

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga  
  • Fotokopi surat nikah/ akta cerai/surat persidangan  
  • Fotokopi NPWP
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan
  • Berstatus sebagai karyawan tetap
  • Keterangan penghasilan/slip gaji  
  • Rumah harus memiliki IMB
  • Rumah harus memiliki sertifikat lengkap
  • Jalan di depan rumah harus dapat dilalui kendaraan roda empat
  • Rumah jauh dari sutet

Semoga bermanfaat yaa 🙂

CategoriesUncategorized

Tips Sukses Beli Rumah Impian Pertama

Beli rumah atau punya rumah adalah tujuan hampir semua orang. Karena rumah merupakan bagian penting dari hidup. Selain sebagai pelindung, rumah juga jadi tempat tumbuh bersama dengan keluarga.  Sayangnya saat ini pemenuhan kebutuhan akan rumah, mungkin jadi persoalan tersendiri mengingat lahan yang terbatas dan nilainya yang terus meningkat.

Jadi harus dipertimbangkan secara matang, karena bicara hunian tentunya ini terkait kenyamanan kamu dan keluarga selama bertahun-tahun ke depan. Karena itu perlu diketahui tips membeli rumah pertama agar sukses dan kamu tidak menyesal di kemudian hari. 

 

  • Pertimbangkan tujuan jangka panjang 

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli rumah adalah tujuan utama dan tujuan jangka panjang membeli rumah. Jangan sampai kamu membeli rumah namun tidak dimanfaatkan dengan maksimal, apalagi jika rumahnya dibeli dengan cara mencicil. Jadi, belilah rumah yang sebisa mungkin bisa memberikan manfaat untuk kamu , baik sebagai hunian maupun investasi.  Dan jangan terburu-buru membeli rumah hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah.

  • Sesuai dengan kebutuhan

pastikan kamu telah menghitung kebutuhan dan keperluan keluarga. Lalu sesuaikan rumah yang akan dibeli dengan kebutuhan tersebut. Misalnya, kalau kamu adalah keluarga kecil yang memiliki dua anak, maka kamu bisa membeli rumah dengan 3 kamar tidur.  Sementara untuk ukuran atau luasnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga. Selain membuat spesifikasi mengenai ukuran atau fasilitas rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan desain yang akan dipilih, misalnya rumah minimalis, modern atau tradisional.

  • Waktu yang tepat 

Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk membeli rumah? Banyak orang akan menjawab seperti saat kondisi pasar sedang membaik atau saat kondisi ekonomi sedang stabil dan sebagainya. Jawaban tersebut memang tidak salah ya.

Namun, waktu yang tepat untuk membeli rumah tentunya adalah saat kamu memang sudah membutuhkan hunian, dan di saat yang bersamaan juga memiliki dana untuk membelinya. Kapan pun itu! Kalau sudah memenuhi dua kondisi di atas, barulah kamu  bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari dan memilih rumah, yang tentunya harus dilakukan di momen yang tepat. 

  • Konsultasi dengan agen properti

Bicara agen properti, kamu bisa juga konsultasikan mengenai rencana pembelian rumah pertama dengan jasa profesional seperti ini. Karena jika kamu masih awam, tentu butuh masukan dari pihak yang berpengalaman. Dan mereka akan membantu kamu dalam mendapatkan rumah yang sesuai kebutuhan, bahkan dengan penawaran terbaik. Jadi, agen properti akan membantumu menemukan rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan, termasuk juga akan menjelaskan segala hal yang perlu kamu ketahui, misalnya seputar proses dan jenis pinjaman untuk pembelian rumah.

  • Tentukan cara pembayaran terbaik

Untuk pembelian rumah, salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mencicil ke bank lewat program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Tapi tentunya juga ada cara pembayaran yang lain, seperti tunai keras dan tunai bertahap. Nah, ini tentunya dikembalikan pada kamu untuk memilih cara atau metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan.

  • Lokasi

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat memilah dan memilih rumah, terlepas untuk hunian maupun investasi, adalah lokasi rumah. Namun lokasi menentukan harga rumah, dimana semakin strategis lokasinya, maka harga rumah pun akan semakin tinggi. Jadi, jika kamu memiliki dana yang terbatas, membeli rumah di pinggiran kota dapat menjadi opsi.

  • Lingkungan 

Selain lokasi, faktor lingkungan adalah hal yang tak kalah penting ketika kamu ingin membeli rumah, terutama bagi yang memiliki anak.

  • Kondisi rumah

Kamu wajib memastikan kondisi rumah demi keamanan dan kenyamanan. 

Itu dia tips membeli rumah dan cara mendapatkan hunian yang nyaman. Jadi, sekarang kamu sudah lebih siap untuk beli rumah kan? 🙂

 

CategoriesUncategorized

Mau Cepat Punya Rumah? Segera Lakukan 5 Cara Ini

Selain berfungsi sebagai tempat tinggal, rumah juga berfungsi sebagai tempat berbagi kebahagiaan bersama anggota keluarga. Hubungan untuk segera punya rumah tentu terbesit di hati setiap orang. Namun, harga rumah yang cukup fantastis menyebabkan keinginan ini syringe. Sebab kita harus memenuhi kebutuhan sehari-hari terlebih dahulu agar mampu bertahan hidup. Kalau sahabat harmoni benar-benar ingin punya rumah, berikut beberapa tips cepat punya rumah di bawah ini mungkin bisa membantu ..

  • Memilih Rumah yang Diinginkan

Sebelum membeli rumah, Kamu harus melihat kondisi dan model rumah seperti apa yang diinginkan. Apakah itu rumah yang luas, rumah bertingkat, atau rumah berbentuk studio? Mengetahui bentuk rumah akan memudahkan untuk memperkirakan harga rumah yang sebenarnya. Hal lain yang tidak kalah pentingnya melihat lokasi rumah. Harga rumah yang terletak di pusat kota tentu lebih mahal dibandingkan rumah yang agak menjorok ke daerah pedalaman. Dalam hal ini, Kamu harus mampu menyelesaikan dan mengaitkannya dengan anggaran yang dimiliki.

  • Anggaran Biaya

Menetapkan anggaran untuk mendapatkan rumah idaman. Caranya dengan mengkalkulasi jumlah antara pengeluaran dan pengeluaran untuk melihat sisa gaji yang berhasil kamu dapatkan setiap bulan.

  • Anggaran Pengeluaran

Setelah melakukan poin nomor dua, kamu dapat mengurangi porsi biaya per pos pengeluaran agar lebih hemat. Dalam hal ini, kamu harus menyusun anggaran pengeluaran baru yang nantinya akan dijadikan sebagai awalan saat pada bulan depan dan seterusnya.

  • Mulai Menabung

Kamu perlu mulai menabung untuk mengumpulkan dana membeli rumah yang sesuai kamu. Selain menabung di tabungan tabungan, kamu juga bisa menabung melalui deposito, giro, atau pun emas.

  • Bergabung Pada Instrumen Investasi

Investasi merupakan cara terbaik untuk aset yang dimiliki. Tidak hanya itu, investasi juga memiliki prospek yang cukup menjanjikan, terutama untuk jangka panjang. Keuntungan yang diperoleh dari investasi maka dapat diinvestasikan kembali untuk menambah nilai aset.

Semoga kita disegerakan memiliki rumah idaman ya dan semoga bermanfaat. Semangat sahabat harmoni!

CategoriesUncategorized

Beli Rumah Belum Bersertifikat Gimana Ya?

Kamu udah terlanjur jatuh hati berat sama rumah yang sudah lama kamu taksir. Lebih-lebih penawaran harga yang kamu ajukan disetujui si penjual. Namun, ternyata ada kendalanya, tanahnya belum bersertifikat. Gimana ya atau Batal aja?

Nah Harmony Land punya sedikit solusinya nih sahabat, di simak yaa

 

  • Tanah yang belum bersertifikat ada beberapa jenis. Ada yang Tanah Hak Milik Adat dan ada yang Tanah Negara. Tanah Hak Milik Adat bukti haknya berupa surat Girik, Sedangkan Tanah Negara bukti haknya berupa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Penguasaan Fisik, Surat Oper Hak, Surat Izin Penggunaan Tanah, dan lain-lain. Jadi, kamu perlu mengenali dulu jenis sertifikatnya.

 

  • Selanjutnya, kamu bisa mengurus sertifikat tanah tersebut ke BPN (Badan Pertanahan Nasional). Bisa juga untuk mudahnya kamu meminta bantuan Notaris atau PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah).

 

  • Jangan lupa, siapkan Asli surat kepemilikan tanah/riwayat tanah (Verponding, Girik, dll). Fotokopi PBB tahun terakhir, Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan istri, Fotokopi Kartu Keluarga dan Fotokopi Surat Nikah.

 

  • Surat pernyataan tak ada sengketa terhadap tanah tersebut dari RT, RW, Lurah, dan Camat setempat. Kemudian surat pernyataan kepemilikan bangunan dari RT, RW, Lurah, dan Camat setempat. Rekomendasi tanah dan bangunannya yang diketahui oleh Lurah dan Camat  Ketetapan Rencana Kota (KRK).
CategoriesUncategorized

Bahan Bangunan Untuk Kesehatan

Dalam suatu pembangunan, tidak hanya kualitas bahan saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga pemilihan material. Pemilihan material ini sangat penting karena berhubungan langsung dengan kesehatan lho Sahabat Harmony.

Memang tidak bisa dipungkiri juga bahwa kandungan zat-zat kimia dalam material sangat bermanfaat dan dibutuhkan dalam proses pembangunan. Namun hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan, Nah untuk meminimalisasi dan mengantisipasi bahaya kimia beracun terjadi pada keluarga, berikut beberapa solusi dan tips yang bisa kamu gunakan yaa.

  • Bahan Bangunan Ramah Lingkungan
    Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan sekarang ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Sebab selain lebih sehat, bahan bangunan ramah lingkungan juga banyak dijual dengan harga yang lebih murah.

Miselium contohnya, miselium merupakan salah satu jenis jamur yang bermanfaat sebagai salah satu bahan baku membuat batu bata yang aman, ringan dan tahan lama.

  • Hindari bahan kimia

Gunakanlah bahan bangunan dengan bahan dasar yang sehat. Bahan bangunan sehat yang dimaksud adalah bahan-bahan tersebut tidak mengandung ataupun tercampur akan zat­-zat kimia berbahaya.

  • Beri Waktu Bangunan

Apabila bangunan baru saja dicat atau ada furniture yang baru di finishing. Hindari untuk langsung menempati bangunan ya. Beri waktu hingga bau menyengat dari formaldehid tidak tercium lagi. 

  • Finishing dengan Kandungan Kimia Organik

Saat ini banyak dikembangkan bahan­-bahan finishing ramah lingkungan dengan kandungan senyawa kimia organik. Bahan material ini berasal dari alam dan tidak melalui proses industri kimia, sehingga aman untuk kesehatan.

 

Tidak cukup hanya dengan fokus pada tampilan bangunan yang baik dan cantik. Karena kamu juga perlu untuk memperhatikan kesehatan keluarga.
Semoga tips ini bermanfaat ya 🙂

CategoriesUncategorized

Punya Plafon Rumah Rendah? Begini Trik Agar Terlihat Tinggi

Rumah baru saat ini memang memiliki atap atau plafon yang tinggi ya. tapi kalau rumah jaman dahulu langit-langit atau atap plafon tentu lebih rendah. nah plafon yang rendah membuat rumah terasa semakin sempit  dan engap. nah makanya kali ini Harmony Land telah merangkum beberapa trik untuk kamu yang memiliki plafon rendah agar terlihat lebih tinggi. 

  • Warna Plafon

Jika ingin membuat ruangan terlihat lapang, penggunaan warna-warna cerah memang sangat direkomendasikan. Namun, kalau ingin menciptakan efek plafon yang terlihat lebih tinggi, maka tak cukup hanya mengecat di bagian dinding saja, kamu juga harus mengecatnya hingga ke bagian plafon. terdapat tiga warna yang dapat kamu gunakan di plafon yang rendah.

Putih
Warna standar untuk plafon ini juga dapat membuat plafon terlihat lebih tinggi. Warna putih cocok disandingkan dengan warna apa pun, baik warna yang tegas hingga lembut.

Biru Pucat
Menatap plafon berwarna biru pucat akan membuatmu seperti sedang menatap langit cerah di luar sehingga memberikan efek lapang yang menenangka

Kuning pucat
Sama seperti warna biru pucat, kuning pucat juga dapat memberikan efek warna langit yang membuat ruangan terasa lebih lapang.

  • Aksesoris Plafon

Untuk rumah berplafon rendah sebaiknya hindari penambahan aksesoris yang berlebihan. Misalnya, lampu gantung atau kipas gantung berukuran besar. Hal ini justru dapat membuat ruangan terlihat lebih sempit. Lebih baik tambahkan aksesoris di bagian dinding saja ya

  • Cermin

Cermin dapat memberikan efek lapang pada ruangan. Selain itu, cermin juga dapat memantulkan cahaya dengan baik sehingga ruangan terlihat semakin luas. Lebih baik pilih cermin berukuran panjang dan letakkan di salah satu sisi dinding. 

  • Tirai Panjang

Tirai yang panjang dapat menambahkan efek plafon yang lebih tinggi. Lebih baik pasang tirai yang lebih besar dibanding ukuran jendela, bahkan hingga mencapai perbatasan antara plafon dan dinding. 

 

Nah sahabat Harmony itulah beberapa trik agar plafon rumah kamu yang rendah terlihat lebih tinggi dan lapang. selamat mencoba ya

CategoriesUncategorized

Ditipu Pengembang: Apa Yang Harus Dilakukan?

Saat ini pembangunan rumah, apartemen dan berbagai hunian lainnya sudah semakin banyak ya Sahabat Harmony. Namun, semakin banyak juga pihak pengembang yang tidak bertanggung jawab alias developer bodong. Banyak kasus yang telah terjadi warga tertipu dengan pihak pengembang. Kalau sudah tertipu apa yang harus dilakukan? Makanya simak postingan Minny ya.. 

  • Datangi bank penyedia KPA/KPR

Kamu harus bertindak segera, Namun tetap tenang ya. Beritahukan kronologis yang kamu alami agar tanggungan dapat dihapus. Mintalah bukti bahwa kamu telah melunasi cicilan dengan baik.

  • Datangi kantor pertanahan terdekat

Lakukan pencoretan hak tanggungan dan tanyakan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pencoretan tersebut. Proses ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu tujuh hari kerja.

  • Kembali ke bank penyedia KPA/KPR

Jika sudah memiliki bukti pencoretan tanggungan, kembalilah ke bank penyedia KPA/KPR untuk meminta sertifikat yang menjadi jaminan cicilan.

  • Gunakan jalur hukum perdata

Jika bank ternyata tidak memiliki sertifikat rumah/apartemen, minta jasa pengacara untuk melakukan jalur hukum perdata. meskipun proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. 

semoga membantu ya 🙂

CategoriesUncategorized

Milenial Memilih Rumah second? Perhatikan 6 hal ini

Mungkin generasi muda atau milenial ada nih yang sedang berburu rumah second. Namun, Membeli rumah bekas atau second tentu saja akan berbeda dengan membeli rumah yang baru. Dalam membeli rumah second, ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar kamu bisa benar-benar mendapatkan rumah bekas yang tepat. Makanya simak poin-poin  yang sudah Harmony Land rangkum untuk kamu yaa

  • Kapan Rumah Terbangun
    Semakin tua usia bangunan,kemungkinan harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan. Makanya kamu wajib tahu kapan rumah terbangun.
  • Keadaan fisik
    Mengetahui kondisi fisik rumah bekas yang akan dibeli menjadi salah satu alasan atau pertimbangan yang penting. Usahakan kamu langsung datang dan memeriksa sendiri keadaan rumah yang ingin dibeli. Lebih bagus lagi buat daftar apa saja yang perlu diperiksa, misalnya kondisi dinding, pintu, jendela, lubang ventilasi, dsb.
  • Lingkungan sekitar
    Pastikan keadaan di kondisi sekitar rumah cocok dengan kebutuhan anggota keluarga. Jangan sampai lokasi rumah tersebut jauh dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Lakukan survei terhadap kondisi infrastruktur jalan di lingkungan, termasuk kondisi penerangannya juga. Survei juga keamanan lingkungannya.
  • Dokumen
    Cek kelengkapan dan keabsahan surat-surat yang berkaitan dengan kepemilikan tanah dan bangunan, mulai dari Surat Hak Milik (SHM), sertifikat tanah dan bangunan, serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Kemudian pastikan juga pemilik yang tertera di dalam surat-surat tersebut asli. Tanyakan dan minta bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Cari tahu apakah rumah tersebut sedang dalam sengketa atau tidak. Jika sedang bersengketa, segera batalkan rencana untuk membelinya agar tidak ada masalah di kemudian hari.
  • Biaya Tambahan
    Selain anggaran untuk membeli dan renovasi rumah, kamu juga harus siapkan biaya tambahan seperti untuk pembayaran pajak dan surat-surat lainnya.
  • Listrik dan air
    listrik dan sumber air bersih sangat penting untuk kamu pertimbangkan ketika membeli rumah second, karena untuk kebutuhan sehari-hari. Alangkah baiknya kamu periksa secara langsung sumber air dan juga Pastikan juga instalasi kabel listrik di rumah bekas yang ingin anda beli kondisinya baik dan tidak bermasalah. Hal itu untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Nah itulah beberapa poin yang sebaiknya kamu pertimbangkan ketika membeli rumah second. Semoga bermanfaat ya!

CategoriesUncategorized

Sebelum Beli Rumah, Yuk Pahami Perbedaan KPR Subsidi dan Non Subsidi

Kebutuhan akan hunian saat ini bisa dibilang cukup tinggi, terlebih dahulu untuk pasangan muda nih. Namun sebelum kamu memiliki rumah ada yang melihat baik apa perbedaan KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi. Makanya Harmony Land sudah rangkum nih beberapa perbedaannya simak sampai poin-poinya di bawah ya.

 

  • Harga
    Perumahan subsidi mendapatkan bantuan alias subsidi karena merupakan program pemerintah. Hal ini akhirnya membuat harga rumah subsidi lebih murah entah secara tunai maupun KPR.
  • Fasilitas Bangunan
    Untuk rumah subsidi karena memang harganya lebih murah, akan ada fasilitas bangunan. Berbeda dengan perumahan non-subsidi yang sudah menerapkan sistem satu gerbang dengan berbagai fasilitas bangunan.
  • Tipe Bangunan Rumah
    perumahan subsidi biasanya memiliki tipe bangunan rata-rata tipe 36. Bandingkan dengan perumahan non-subsidi untuk target pasar menengah-atas, biasanya menawarkan tipe bangunan 45 ke atas.
  • Lokasi Perumahan
    subsidi biasanya dibangun di daerah pinggiran kota yang harga jual tanahnya masih cukup murah. Karena lokasinya di pinggiran, tentu akses transportasinya terbatas. Sedangkan non-subsidi dibangun di tengah kota dengan berbagai fasilitas akses.
  • Perihal Renovasi dan Harga Jual
    Untuk perumahan subsidi, biasanya boleh direnovasi setelah dua tahun ditempati. Harga jualnya pun tidak terlalu jauh pasaran subsidi. Rumah non-subsidi harga jual apalagi jika sudah direnovasi.

 

Nah anugerah ulasan perumahan subsidi dan non-subsidi, bisa disaksikan kalau rumah subsidi yang murah sedangkan rumah non-subsidi jauh lebih mengunggulkan fasilitas. Pilihan ada di tangan Kamu!

CategoriesUncategorized

Menabung Sejak Dini Untuk Kebahagiaan Nanti

Menabung memang membutuhkan komitmen yang tinggi, karena untuk menyisihkan uang dan membatasi sifat konsumtif kita tidak mudah. Kebiasaan yang sering dilakukan adalah melakukannya untuk menabung karena merasa belum perlu. Jika kamu terus menonton untuk menabung, maka kamu tidak akan pernah mulai menabung. Nah agar kamu semakin serius dalam menabung, Harmony Land berikan pertimbangan dan alasan kenapa kamu wajib banget menabung. simak poin-poinnya di bawah ya ..

 

  • Kehilangan Pekerjaan

Kamu harus siap menerima kepahitan jika perusahaan tempatmu bekerja bangkrut atau kamu yang harus berhentikan. Nah jika memiliki tabungan tentu kamu akan aman sampai jangka mendapatkan pekerjaan

  • Dana Darurat

Kita tidak tahu bagaimana kehidupan kedepannya, untuk mempersiapkan hal-hal tidak terduga seperti kecelakaan kamu harus memiliki dana darurat agar keuangan kamu tidak terganggu

  •  Investasi

Menabung bisa dijadikan lahan investasi kamu untuk masa depan. Agar investasi berjalan dengan lancar, sebaiknya dana yang kamu gunakan adalah dana dari tabunganmu. Mengapa? Karena dengan menggunakan dana tabungan, kamu sudah memiliki persiapan untuk mengembangkan lebih besar dan dengan modal awal yang besar, keuntungannya juga lebih besar loh. 

  • Persiapan masa pensiun 

Seiring berjalannya waktu umur kita juga semakin berkurang ya, sebagai pekerja di suatu perusahaan, usia pensiun adalah hal yang tidak bisa terelakkan. Usia pasti bertambah dan waktu pasti bergulir, jadi mau tidak mau semua orang pasti akan menghadapi pensiun. Beruntung jika kamu memiliki tabungan

  • Usaha Sendiri, Pernikahan dan Rumah

Ketika awal bekerja kamu sudah menabung, kamu bisa digunakan untuk memulai usaha sendiri atau untuk keperluan pribadi seperti pernikahan dan membeli rumah. 

 

Jangan Tunda Lagi! Ayo Nabung

After that alasan mengapa kamu harus menabung, sekarang sudah saatnya kamu mulai rajin menabung untuk masa sekarang atau masa depan. Jangan tunda lagi ya!