Apa sih perbedaan cluster dan town house?

Cluster dan town house sudah tidak asing lagi di telinga. Saat hendak membeli rumah pasti dihadapkan dengan kedua istilah tersebut. Namun, sudah taukah apa itu cluster dan town house? Jika belum, kami akan memberikan penjelasan mengenai cluster dan town house.

Cluster adalah rumah yang dibangun dalam satu lingkungan dan memiliki tampilan yang sama. Rumah cluster juga tidak memiliki pagar yang membatasi hanya menggunakan beton atau tembok sebagai pembatas dengan rumah yang berada di sebelahnya. Rumah yang tertata dengan rapih ini memiliki beragam fasilitas untuk yang tinggal di cluster tersebut.

Sistem keamanan pada cluster juga sangat terjaga. Cluster hanya memiliki one gate system atau menyediakan satu gerbang pintu untuk akses masuk dan keluar. lalu, cluster di kelilingi oleh tembok tinggi. Oleh karena itu, cluster di anggap cukup aman.

Jumlah unit yang disediakan untuk cluster lebih banyak. Cluster dapat menyediakan 100 hingga 300 unit untuk rumah dan dibagi kembali dalam beberapa kelompok. Selain itu, cluster juga memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan. Namun, fasilitas tersebut berbeda-beda dengan cluster lainnya.

Berikutnya adalah town house. Town house merupakan komplek yang di isi oleh beberapa rumah secara teratur. Bentuk bangunan rumah town house memiliki kesamaan pada setiap unit. Lalu, jumlah setiap unit town house juga berbeda dengan cluster. Town house hanya menyediakan sekitar 30 unit rumah atau kurang. Town house dan cluster memiliki kesamaan dalam sistem keamanan yaitu one gate system.

Fasilitas yang disediakan oleh town house juga banyak seperti kolam renang, taman bermain, club house. Fasilitas tersebut dapat digunakan oleh semua yang tinggal di town house.

Perbedaan antara town house dan cluster sudah dapat terlihat dengan jelas dari berapa banyak rumah yang ada di lingkungan tersebut. Sekarang anda sudah mengertikan, Apa yang membedakan cluster dengan town house. Jika sudah, saatnya anda menentukan tempat yang manakah cocok dengan anda cluster atau town house.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>