CategoriesUncategorized

Beli rumah atau punya rumah adalah tujuan hampir semua orang. Karena rumah merupakan bagian penting dari hidup. Selain sebagai pelindung, rumah juga jadi tempat tumbuh bersama dengan keluarga.  Sayangnya saat ini pemenuhan kebutuhan akan rumah, mungkin jadi persoalan tersendiri mengingat lahan yang terbatas dan nilainya yang terus meningkat.

Jadi harus dipertimbangkan secara matang, karena bicara hunian tentunya ini terkait kenyamanan kamu dan keluarga selama bertahun-tahun ke depan. Karena itu perlu diketahui tips membeli rumah pertama agar sukses dan kamu tidak menyesal di kemudian hari. 

 

  • Pertimbangkan tujuan jangka panjang 

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan membeli rumah adalah tujuan utama dan tujuan jangka panjang membeli rumah. Jangan sampai kamu membeli rumah namun tidak dimanfaatkan dengan maksimal, apalagi jika rumahnya dibeli dengan cara mencicil. Jadi, belilah rumah yang sebisa mungkin bisa memberikan manfaat untuk kamu , baik sebagai hunian maupun investasi.  Dan jangan terburu-buru membeli rumah hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah.

  • Sesuai dengan kebutuhan

pastikan kamu telah menghitung kebutuhan dan keperluan keluarga. Lalu sesuaikan rumah yang akan dibeli dengan kebutuhan tersebut. Misalnya, kalau kamu adalah keluarga kecil yang memiliki dua anak, maka kamu bisa membeli rumah dengan 3 kamar tidur.  Sementara untuk ukuran atau luasnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga. Selain membuat spesifikasi mengenai ukuran atau fasilitas rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan desain yang akan dipilih, misalnya rumah minimalis, modern atau tradisional.

  • Waktu yang tepat 

Sebenarnya, kapan sih waktu yang tepat untuk membeli rumah? Banyak orang akan menjawab seperti saat kondisi pasar sedang membaik atau saat kondisi ekonomi sedang stabil dan sebagainya. Jawaban tersebut memang tidak salah ya.

Namun, waktu yang tepat untuk membeli rumah tentunya adalah saat kamu memang sudah membutuhkan hunian, dan di saat yang bersamaan juga memiliki dana untuk membelinya. Kapan pun itu! Kalau sudah memenuhi dua kondisi di atas, barulah kamu  bisa mulai mempertimbangkan untuk mencari dan memilih rumah, yang tentunya harus dilakukan di momen yang tepat. 

  • Konsultasi dengan agen properti

Bicara agen properti, kamu bisa juga konsultasikan mengenai rencana pembelian rumah pertama dengan jasa profesional seperti ini. Karena jika kamu masih awam, tentu butuh masukan dari pihak yang berpengalaman. Dan mereka akan membantu kamu dalam mendapatkan rumah yang sesuai kebutuhan, bahkan dengan penawaran terbaik. Jadi, agen properti akan membantumu menemukan rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan, termasuk juga akan menjelaskan segala hal yang perlu kamu ketahui, misalnya seputar proses dan jenis pinjaman untuk pembelian rumah.

  • Tentukan cara pembayaran terbaik

Untuk pembelian rumah, salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mencicil ke bank lewat program Kredit Pemilikan Rumah (KPR).  Tapi tentunya juga ada cara pembayaran yang lain, seperti tunai keras dan tunai bertahap. Nah, ini tentunya dikembalikan pada kamu untuk memilih cara atau metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan.

  • Lokasi

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan saat memilah dan memilih rumah, terlepas untuk hunian maupun investasi, adalah lokasi rumah. Namun lokasi menentukan harga rumah, dimana semakin strategis lokasinya, maka harga rumah pun akan semakin tinggi. Jadi, jika kamu memiliki dana yang terbatas, membeli rumah di pinggiran kota dapat menjadi opsi.

  • Lingkungan 

Selain lokasi, faktor lingkungan adalah hal yang tak kalah penting ketika kamu ingin membeli rumah, terutama bagi yang memiliki anak.

  • Kondisi rumah

Kamu wajib memastikan kondisi rumah demi keamanan dan kenyamanan. 

Itu dia tips membeli rumah dan cara mendapatkan hunian yang nyaman. Jadi, sekarang kamu sudah lebih siap untuk beli rumah kan? 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *