CategoriesUncategorized

Mungkin generasi muda atau milenial ada nih yang sedang berburu rumah second. Namun, Membeli rumah bekas atau second tentu saja akan berbeda dengan membeli rumah yang baru. Dalam membeli rumah second, ada lebih banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar kamu bisa benar-benar mendapatkan rumah bekas yang tepat. Makanya simak poin-poin  yang sudah Harmony Land rangkum untuk kamu yaa

  • Kapan Rumah Terbangun
    Semakin tua usia bangunan,kemungkinan harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan. Makanya kamu wajib tahu kapan rumah terbangun.
  • Keadaan fisik
    Mengetahui kondisi fisik rumah bekas yang akan dibeli menjadi salah satu alasan atau pertimbangan yang penting. Usahakan kamu langsung datang dan memeriksa sendiri keadaan rumah yang ingin dibeli. Lebih bagus lagi buat daftar apa saja yang perlu diperiksa, misalnya kondisi dinding, pintu, jendela, lubang ventilasi, dsb.
  • Lingkungan sekitar
    Pastikan keadaan di kondisi sekitar rumah cocok dengan kebutuhan anggota keluarga. Jangan sampai lokasi rumah tersebut jauh dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Lakukan survei terhadap kondisi infrastruktur jalan di lingkungan, termasuk kondisi penerangannya juga. Survei juga keamanan lingkungannya.
  • Dokumen
    Cek kelengkapan dan keabsahan surat-surat yang berkaitan dengan kepemilikan tanah dan bangunan, mulai dari Surat Hak Milik (SHM), sertifikat tanah dan bangunan, serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Kemudian pastikan juga pemilik yang tertera di dalam surat-surat tersebut asli. Tanyakan dan minta bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Cari tahu apakah rumah tersebut sedang dalam sengketa atau tidak. Jika sedang bersengketa, segera batalkan rencana untuk membelinya agar tidak ada masalah di kemudian hari.
  • Biaya Tambahan
    Selain anggaran untuk membeli dan renovasi rumah, kamu juga harus siapkan biaya tambahan seperti untuk pembayaran pajak dan surat-surat lainnya.
  • Listrik dan air
    listrik dan sumber air bersih sangat penting untuk kamu pertimbangkan ketika membeli rumah second, karena untuk kebutuhan sehari-hari. Alangkah baiknya kamu periksa secara langsung sumber air dan juga Pastikan juga instalasi kabel listrik di rumah bekas yang ingin anda beli kondisinya baik dan tidak bermasalah. Hal itu untuk menghindari terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Nah itulah beberapa poin yang sebaiknya kamu pertimbangkan ketika membeli rumah second. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *