CategoriesUncategorized

Sahabat Harmony pernah tidak ingin mengajukan kredit ataupun fasilitas pinjaman tapi ditolak oleh bank? Nah hal itu bisa terjadi karena mereka melihat riwayat kredit melalui hasil pemeriksaan Bank Indonesia (BI Checking). Jika ternyata riwayat kredit nasabah tersebut buruk atau masuk kategori blacklist, maka bisa dipastikan pengajuan kredit akan ditolak dan gagal. Lalu, apa solusi terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini ya sahabat? Harmony Land sudah merangkumnya untuk kamu nih, makanya yuk simak postingan ini.. 

  • Pelunasan utang

Jika kamu memiliki masalah tunggakan di bank atau lembaga keuangan ainnya, maka kamu bisa melakukan pelunasan secara langsung kepada pihak yang berkaitan. Hal ini akan dibarengi dengan laporan pihak bank tersebut kepada BI, sehingga status blacklist BI checking akan dihapus. Namun proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Ini tergantung pada kinerja bank atau lembaga keuangan yang bersangkutan.

  • Laporan pelunasan

Jika kamu ingin proses lebih cepat, kamu bisa melakukan laporan pelunasan hutang ke BI terdekat dengan membawa bukti.

  • Terhapus oleh sistem

Dalam kondisi tertentu di mana kamu tidak melakukan penyelesaian apapun terkait dengan utang yang dimiliki, maka proses penghapusan blacklist ini akan dilakukan secara otomatis oleh sistem. Namun proses ini akan terjadi setidaknya 24 bulan setelah status BI checking kamu dinyatakan blacklist. Ini tentu waktu yang cukup lama dan bisa saja menghambat proses pengajuan kredit kamu yang baru, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *