CategoriesUncategorized

Hai Sahabat Harmony, kalau merawat hubungan kamu pasti gak kelupaan ya. tapi jangan sampai dilupakan juga merawat genteng rumah kamu. Perawatan genteng rumah kerap kali diabaikan hingga bertahun-tahun. Padahal, kamu harus menerapkan cara merawat genteng rumah dengan baik dan benar agar awet! genteng juga butuh perawatan karena ia adalah elemen yang fungsional.

Apalagi, jika kondisi genteng telah berumur alias dimakan usia.

Nah makanya kali ini kami sudah merangkum tips untuk merawat genteng rumah kamu agar awet. Di simak ya!

  • Membersihkan Kotoran

kotoran berupa lumut yang berkerak kerap ditemukan di genteng rumah. Hal ini bisa terjadi karena pada musim hujan, lumut bertumbuh dan akan mengering saat musim panas tiba. Jadi, bersihkan kotoran tersebut menggunakan air bersih dan sabun dengan cara digosok. Oiya, kamu perlu hati-hati saat membersihkannya ya

  • Hindari Genteng dari Ranting

Rumah kamu dikelilingi oleh pepohoan? Nah kamu harus lebih perhatika lagi nih.. Apabila di sekitar rumah ada sebuah pohon dan rantingnya menjuntai ke atas atap atau genteng rumah, maka sebaiknya segera dipotong. Apalagi, jika ranting pohon tersebut berukuran besar. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena sewaktu-waktu akan menimpa dan merusak genteng.

  • Rutin Cek dan Ganti Genteng yang Lapuk

Sebaiknya kamu rutin mengecek genteng rumah meskipun belum ada tanda-tanda kebocoran atau kerusakan lainnya. Nah Saat mengecek terdapat genteng yang sudah mulai lapuk karena dimakan usia, disarankan untuk mengganti dengan yang baru.

  • Cat Ulang

Mengecat ulang genteng bisa jadi pilihan supaya genting kembali seperti baru dan awet. Pilih cat yang tahan lama serta kualitasnya bagus untuk mempertahankan warna cat dalam beberapa tahun ke depan ya

  • Gunakan Pelapis

Supaya tahan lama, gunakan cat pelapis antibocor pada bagian genting. Hal ini perlu agar saat musim hujan, air tidak mudah merembes. Air yang merembes akan menyebabkan timbulnya kerusakan pada genteng bahakan rumah kamu. Hl ini tentu akan memerlukan biaya lagi. Jadi, alangkah baiknya antisipasi hal tersebut sedari dini. Cukup banyak cat pelapis seperti polimer atau akrilik hingga cairan aditif yang bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *