CategoriesUncategorized

Jepang terkenal dengan pekerja keras bagai kuda ya sahabat harmony, tapi meski menghasilkan gaji tinggi tak serta merta membuat orang Jepang hidup konsumtif, menghambur-hamburkan uang. Faktanya, masyarakat di Negeri Sakura justru senang berhemat. Hidup dalam kesederhanaan.

Mereka lebih senang menabung dan berinvestasi untuk masa depan hari tua. Tentu saja dalam hal ini perlu cara untuk mengatur keuangan agar alokasi gaji dapat seimbang dengan pengeluaran. Makanya Minny akan berbagi tips bagaimana cara orang jepang mengelola uang mereka. Yuk kita simak poin di bawah dan praktekan..

 

  • Mencatat Pemasukan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat semua pemasukan dengan rinci. Jika kamu punya sumber penghasilan selain dari kantor, catat seluruhnya.  Dengan memasukkan penghasilan utama dan tambahan ini, kamu jadi mengetahui jumlah pendapatan yang kamu peroleh. 

  • Mencatat semua kebutuhan

Buatlah daftar kebutuhan yang akan kamu beli atau bayar. Catat secara rinci dan pastikan tidak ada yang terlupa. Pertama, memulainya dengan mencatat berbagai kebutuhan pokok atau utama selama sebulan, seperti membayar sewa rumah, air, listrik, tagihan kartu kredit atau utang lainnya, perkiraan biaya transportasi dan biaya makan, dan lainnya.

Kebutuhan lainnya, misalnya untuk masa depan, seperti tabungan dan investasi. Jumlahnya sesuai kemampuan finansial mu. Jangan lupa masukkan pengeluaran lain, di antaranya membeli baju dan sepatu untuk mendukung penampilan

  • Siapkan amplop

siapkan amplop. Untuk apa? Pastinya untuk menampung uang yang akan digunakan untuk membiayai atau membelanjakan rencana pengeluaran.

Masing-masing pos pengeluaran diberikan amplop berbeda atau terpisah. Kemudian amplop diberi nama di bagian luar, sehingga akan memudahkan kamu mengambil dana tersebut, sekaligus mengontrolnya setiap waktu.

  • Pengeluaran harian

Pada implementasinya, kamu harus mencatat semua pengeluaran harian. Kebutuhan yang sudah kamu beli atau bayarkan, catat dalam pembukuan. 

  • Cek Kembali Pengeluaran

Mengecek kembali apakah belanja harian yang sudah kamu keluarkan sesuai dengan rencana pengeluaran yang sudah kamu buat di awal. Lakukan tahapan ini di akhir bulan. Cek pos pengeluaran mana saja yang sesuai dan tidak sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *