CategoriesUncategorized

Apa Sahabat Harmony Sering kebablasan dengan anggaran biaya renovasi rumah peninggalan orang tua atau rumah seken? Seharusnya itu enggak perlu terjadi, lho!  Tips hemat yang sudah mimin rangkum ini dijamin bikin dompet kamu gak jebol. Tips pertama tentu siapkan daftar anggaran ya, Sisanya? Simak postingan mimin ini, yuk. 

  • Membeli bahan bangunan bekas namun tetap berkualitas 

Material dari bahan bekas terbagi dalam dua kategori; reuse dan recycle. Contoh material reuse ialah kusen pintu, kaca, jendela, genteng bongkaran, dan kayu untuk atap. Sedangkan untuk material recycle biasanya berupa batu bata dan keramik. Nah, kamu bisa mencari material bekas ini di toko-toko bahan bangunan terdekat.

  • Memanfaatkan diskon yang digelar oleh toko bangunan atau marketplace 

Biasanya, selisih harga yang didapat saat diskon lumayan besar lo! Butuh usaha untuk survei memang, tapi kalau selisih harga yang didapat cukup besar kan lumayan bisa menghemat anggaran kamu.

  • Kerjakan sendiri 

Salah satu biaya renovasi rumah yang terbilang cukup menguras kantong adalah ongkos tukang. Untuk menghemat pengeluaranmu, lakukan pekerjaan yang sekiranya bisa dikerjakan sendiri. Mengecat rumah misalnya. Pakailah jasa tukang bangunan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya teknis dan hanya mereka yang bisa mengerjakannya dengan rapi.

  • Renovasi Rumah dengan Sistem Jangka Panjang

Bisa dibilang pelan tapi pasti! lakukan renovasi rumah kamu satu per satu saja. Misalnya, bulan ini kamu renovasi ruang tamu, tiga bulan lagi kamu baru renovasi dapur, dan seterusnya. Dengan begini, kamu pun nggak akan mengalami pembengkakan biaya.

  • Konsep Renovasi Minimalis

Semakin detail konsep rumah yang diinginkan, biaya renovasi pun tentu akan semakin membengkak. Pilih konsep yang minimalis saja. Nggak cuma lebih hemat, konsep minimalis pun kini sedang tren lo! di tambah meringankan pekerjaan beres-beres kamu setiap harinya.

  • Membuat Interior Rumah dengan DIY

DIY atau do it yourself bisa menjadi solusi menghemat pengeluaranmu. Kamu bisa memanfaatkan DIY ala-ala yang banyak bertebaran di media sosial. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *