CategoriesUncategorized

Ternyata gak cuma kenangan aja ya Sobat Harmony yang bisa berjamur. Tembok juga bisa :). Nah  tembok biasanya berjamur karena lingkungan yang lembab. parahnya, tembok rumah yang berjamur bisa menjadi bahaya bagi kesehatan tubuh kita. Makanya, agar kita lebih menjaga tembok rumah, Mimin kali ini sudah siapkan beberapa bahaya tembok berjamur untuk kesehatan dan bonus tips terhindar dari tembok yang berjamur. yuk disimak!

  • Masalah pernapasan

Salah satu kondisi kesehatan yang muncul akibat tembok berjamur adalah masalah pernapasan. Ketika jamur tumbuh, ada spora, sel, dan senyawa organik tak dikenal yang ikut beterbangan di udara. Ketiganya dapat menjadi alergen, iritan, dan menghasilkan senyawa racun yang berbahaya bagi tubuh (mikotoksin). Beberapa di antaranya bahan bisa beracun, terutama bagi orang yang sangat sensitif.

  • Alergi

Tembok berjamur juga bisa mengakibatkan alergi jamur Nih, Alergi biasanya dapat muncul akibat reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Pada reaksi alergi, zat-zat di udara dapat mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas.  Beberapa gejala yang muncul biasanya, Hidung terasa gatal dan berair, Sakit tenggorokan, Sering bersin dan Mata berair.

  • Aspergillosis

Aspergillosis adalah infeksi, pertumbuhan jamur, dan reaksi alergi yang disebabkan oleh jamur Aspergillus. Beberapa orang ada yang dapat menghirup udara dari jenis spora jamur ini tanpa merasakan munculnya gejala-gejala penyakit. Namun, pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah akan mengalami reaksi yang parah, seperti masalah paru-paru, berdampak pada hidung lalu memicu sakit kepala, serta sulit bernafas, batuk, dan penurunan berat badan.

  • Nah Bahaya banget kan! agar kalian terhindar dari tembok yang berjamur, ini dia tipsnya: 

– Cek talang dan pipa air

– Perhatikan sirkulasi udara

– Oleskan kaporit

– Cat ulang dinding dengan cat waterproof

– Rutin membersihkan tembok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *