CategoriesUncategorized

Cat dinding merupakan salah satu komponen paling penting dalam pembangunan rumah. Cat akan membuat dinding tampak lebih indah serta menampilkan warna-warni yang membuat kita betah.  

Namun, banyak sekali kasus mengelupasnya cat tembok atau flaking. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya ya seperti, dimakan oleh waktu atau karena terik matahari. Namun kalau kondisi cat masih baru tapi terkelupas gimana?  Tentu hal ini  menyebabkan kejengkelan setiap orang. Sampai-sampai kita menyalahkan produk atau bahkan abang-abang tukang yang mengecat rumah kita. eittss tunggu dulu, Kalau Sahabat Harmony pernah mengalaminya, Mending simak dulu yuk beberapa alasan tembok rumah kita mudah terkelupas. Minny sudah siapin buat kamu! baca sampai selesai ya.

  1. Kondisi tembok yang belum kering saat dilakukan pengecatan
  2. Penggunaan dempul atau plamir dinding yang mutunya rendah, sehingga akan terangkat beberapa waktu kemudian.
  3. Terdapat kotoran atau debu pada permukaan tembok saat mengecat.
  4. Tidak menggunakan cat dasar, atau alkali primer yang digunakan tidak sesuai dengan sistem pengecatan.
  5. Saat mengecat ulang, lapisan cat lama tidak dikerok terlebih dahulu, sehingga lapisan cat lama yang daya lekatnya kurang.
  6. Atau bisa juga pemilihan produk cat yang salah. Bahkan penggunaan cat tembok pada dinding kayu juga bisa jadi penyebabnya.

 

Nah setelah mengetahui penyebab cat dinding, Apa yang sahabat Harmony lakukan ketika cat rumah mulai mengelupas? biasanya Kebanyakan orang ketika cat sudah mengelupas, akan langsung mengatasinya dengan mengecat ulang. Tetapi itu bukan cara yang efisien dan hemat lho. Masih ada cara mengatasi cat dinding mengelupas yang bisa jadi alternatif lainnya. Mau tau kan apa saja itu? 

  1. Pastikan tidak ada rembesan air, jika ada segera perbaiki
  2. Mengerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permukaan
  3. Jangan dipaksakan cat yang susah untuk di korek.Tembok kamu bisa rusak hingga menimbulkan banyak kerugian. Amplas cat dapat membantu.
  4. Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik dimana daya rekat dan elastisitasnya baik
  5. Jika kondisi tembok baru, tunggu hingga tembok bener-bener kering untuk bisa di cat
  6. Gunakan Cat Dasar, yang dimaksud cat dasar ialah memakai cat warna putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *