Ke-Diam-an yang Anda Idamkan

Diam merupakan kata yang sangat penuh makna. Menurut hukum fisika, benda yang diam memiliki energy potensial pada titik maksimalnya. Ia siap jatuh atau terlontar sedemikian kencang sampai enegi potensial ini terserap menjadi energy kinetic seutuhnya. Rosulullah, mendapatkan wahyu ketika diam di gua hira. Mahabarata mendapatkan pencerahan saat diam dibawah pohon budhis. Newton menemukan teori newton juga saat diam dibawah pohon apel. Pancasila kebanggaan kita juga ditemukan oleh Soekarno saat diam dibawah pohon sukun. Diam ialah sebuah akses terbukannya gerbang hati dan singkronisasi antara hati dan pikiran. Pada titik inilah ide-ide segar kita akan mengucur bak air terjun yang jatuh bebas ke bumi pertiwi. Ketika kita berdiam diri, tenaga dan otak kita yang biasanya berfokus untuk mengendalikan gerak, secara serentak akan beralih kepada proses berpikir yang disambungkan ke dalam akses batin kita. Sehingga berbagai pemikiran yang segar dan berkualitas akan mengalir keseluruh tubuh kita. Inilah yang disebut sebagai “diam”. Ibarat sebuah mesin yang diaktifkan 24 jam sehari, otak manusia juga seperti itu. Bekerja non stop dari pagi hingga pagi. Bahkan pada saat kita tidur, tidak jarang otak kita terus bekerja. Bermimpi merupakan salah satu indentikasinnya. Ciri-ciri yang paling nyata ketika tidur kita tidak efektive (otak tetap bekerja) ialah saat kita merasa lelah, letih dan suntuk ketika bangun tidur.

Rumah yang kita huni setiap hari bisa juga disebut sebagai “Kediaman” kita. Kata kediaman berasal dari kata dasar diam yang ditambah imbuhan ke-an. Mengapa begitu?  Karena pada dasarnya rumah ialah tempat kita merefresh segalannya. Rumah ialah tempat memulai dan mengakhiri aktivitas  sehari-hari. Rumah juga merupakan tempat pertama kali untuk anak kita menghirup dunia kehidupan. Dalam arti lain rumah ialah tempat kita melakukan aktivitas diam, yaitu untuk menyegarkan otak, membangkingkan semangat, serta tempat untuk memulai langkah bahagia setiap harinnya. Rumah yang mempunyai kriteria seperti inilah yang menjadi rumah terbaik untuk keluarga kita. Inilah kediaman yang menjadi idaman kita dan keluarga kita. Memang tidak mudah untuk dicari, tapi pantas untuk diperjuangkan.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>