Dokumen apa saja yang harus diurus ketika pindah?

Mempunyai rumah baru bagi setiap orang adalah hal yang sungguh menyenangkan. Dengan rumah baru seseorang akan merasakan lingkungan yang berbeda, suasana yang berbeda. Dan pada umumnya, seseorang akan berpindah ke tempat yang baru karena terdapatnya beberapa sebab seperti, berpindahnya tempat kerja, mengingikan rumah yang lebih luas, menginginkan lingkungan baru, dan berbagai hal lainnya.

Tetapi, yang harus anda cermati adalah ketika pindah ke rumah baru pasti anda akan pindah domisili. Semua itu tergantung, jika anda memilih rumah di luar area domisili anda tinggal maka anda harus melakukan penngurusan dokumen pindah domisili.

Seringkali, pindah domisili di abaikan oleh sebagian orang. Karena, menganggap beberapa di daerah tersebut mempunyai kelebihan yang menguntungkan bagi dirinya. Dan sebab itulah yang membuat mereka bertahan untuk mempertahankan dokumen domisilinya. Sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan, lebih baik anda mengurus dokumen pindah domisili. Pengurusannya pun cukup mudah, berikut ini beberapa dokumen yang harus di siapkan jika berpindah tempat.

  1. Membuat surat pindah dari RT dan RW,  dengan membawa KTP dan KK.
  2. Surat pindah di berikan kepada kelurahan/kecamatan untuk dibuatkan Surat keterangan pindah (SKP).
  3. SKP memiliki 2 lembar. Lembar pertamaakan dilanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimana alamat yang lama akan diganti dengan selembar surat yang sudah dicap dan ditandatangani serta dilengkapi oleh alamat yang baru. Lembar kedua SKP adalah tembusan untuk kelurahan/kecamatan alamat yang baru.
  4. Mengurus surat kelakuan baik

Dokumen-dokumen tersebutlah yang dibutuhkan ketika mengurus pindah domisili. Cukup mudah kan? yuk.. urus surat kepindahan domisili anda sekarang.

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>