Apa yang terjadi jika lahan semakin berkurang?

Penduduk negara indonesia saat ini telah mencapai 265 juta orang. Hasil ini di peroleh berdasarkan sumber Bappenas. Peningkatan jumlah penduduk ini diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah penduduk akan menimbulkan kepadatan pada wilayah, kota, dan provinsi di indonesia

Selain itu, meningkatnya jumlah penduduk membuat beberapa dampak yang dapat di rasakan saat ini mapun nantinya. Saat ini yang dapat di rasakan dari bertambahnya jumlah penduduk adalah berkurangnya jumlah tanah yang tersedia. Sebagai contoh adalah Ibu Kota Jakarta.

Dapat diketahui, Jumlah Penduduk Kota Jakarta mencapai 10,37 Juta jiwa pada tahun 2017, berdasarkan Bappenas. Angka tersebut dapat berubah-ubah setiap harinya. Dan saat ini yang terjadi adalah Jakarta sudah sangat minim lahan atau tanah kosong, yang menyebabkan tersedianya hunian berkurang.

Hal tersebut di sebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk yang tidak di imbangi dengan keadaan tanah yang ada. Berkurangnya jumlah tanah yang tersedia akan menyebabkan kesempatan anda memiliki hunian menjadi terhambat. Padahal hunian merupakan kebutuhan pokok yang harus di miliki oleh semua orang.

Tidak hanya pertambahan penduduk, faktor lainnya di sebabkan banyaknya pembangunan gedung pusat perbelanjaan, perkantoran, dan pembangunan lainnnya. Ini lah yang membuat terbatasnya lahan yang terjadi saat ini. Pembangunan terus di lakukan namun tidak dapat di seimbangkan dengan keadaan penduduk. Yang akhirnya semakin minimnya lahan tersedia.

Lalu, adanya penurunan permukaan tanah. Peristiwa ini terjadi karena adanya perubahan volume lapisan batuan yang ada di bawahnya. Meskipun kejadiaan ini jarang di temukan dan terdapat pada jangka waktu yang lama, akan menimbulkan beberapa masalah dalam lingkungan.

Untuk itulah, anda harus mempersiapkan diri sebelum semua faktor-faktor tersebut terjadi di kemudian hari yang membuat anda sulit untuk memiliki hunian. Saatnya sekarang untuk memikirkan dan memilih hunian yang sesuai untuk di tempati oleh anda dan keluarga hingga nanti.

 

sumber gambar google

Harmony Land

Author Since: 14 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>